Selasa, 03 Februari 2015

3 Langkah awal menuju seorang programmer

3 Langkah awal menuju seorang programmer - dalam dunia yang serba modern ini diperlukan juga kemampuan keahlian untuk menguasai suatu program yang bisa dibilang cukup rumit. Menjadi seorang programmer tidaklah semudah membalikan telapak tangan ataupun mengerjakan soal ulangan, butuh suatu proses yang panjang, kesabaran , ketekunan dalam prosesnya. saya disini akan sedikit memberi saran langkah awal yang teman teman bisa tempuh untuk menuju seorang programmer yang profesional.


3 hal harus dikuasai dalam programmer

ada tiga hal yang harus sobat ketahui , sebelum menuju ke dalam pembuatan program atau menjadi ahli programmer yaitu : Aritmatika , Logika , & Algoritma.
  1. Aritmatika

    ALU, singkatan dari Arithmetic And Logic Unit (bahasa Indonesia: unit aritmatika dan logika), adalah salah satu bagian dalam dari sebuah mikroprosesor yang berfungsi untuk melakukan operasi hitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. 
    tugas utama dari ALU (Arithmetic And Logic Unit)adalah melakukan semua perhitungan aritmatika atau matematika yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan operasi aritmatika yang lainnya. Seperti pengurangan, pengurangan, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. Sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi aritmatika ini disebut adder. ALU melakukan operasi arithmatika dengan dasar pertambahan, sedang operasi arithmatika yang lainnya, seperti pengurangan, perkalian, dan pembagian dilakukan dengan dasar penjumlahan. 
    sehingga sirkuit elektronik di ALU yang digunakan untuk melaksanakan operasi arithmatika ini disebut adder. Tugas lalin dari ALU adalah melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
    ( Read more : Aritmatika Komputer )
     
  2. Logika

    Logika disebut juga “the calculus of computer science” karena logika memegang peranan yang sangat penting di bidang ilmu komputer. Peran kalkulus (matematika) sama pentingnya untuk ilmu-ilmu bidang sains, misalnya ilmu fisika, ilmu elektronika, ilmu kimia, dan sebagainya. Oleh karena itu, biasanya pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen setuju bahwa logika memainkan peranan penting dalam berbagai bidang keilmuan, bahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

    Logika, komputasi numerik, dan matematika diskrit memiliki peran penting dalam ilmu komputer karena semuanya berperan dalam pemrograman. Logika merupakan dasar-dasar matemtis suatu perangkat lunak, digunakan untuk memformalkan semantik bahasa pemrograman dan spesifikasi program, serta menguji ketepatan suatu program. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya logika matematika karena banyak ilmu, khususnya dalam bidang ilmu komputer, yang memerlukan logika untuk berkembang. Logika dalam ilmu komputer dalam ilmu komputer digunakan sebagai dasar dalam belajar bahasa pemrograman, struktur data, kecerdasan buatan, teknik/sistem digital, basis data, teori komputasi, rekayasa perangkat lunak, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan, dan lainlainnya yang mempergunakan logika secara intensif.

    Salah satu contoh yang populer adalah sistem digital, yaitu bidang ilmu yang didasari oleh logika untuk membuat gerbang logika (logic gates) dan arsitektur komputer sebagai inti mikroprosesor, otak komputer atau central processing unit. Logika matematika (mathematical logic) adalah cabang ilmu di bidang matematika yang memperdalam masalah logika, atau lebih tepatnya memperjelas logika dengan kaidah-kaidah matematika. Logika matematika sendiri juga terus berkembang, mulai dari logika proposional, logika predikat, pemrograman logika, dan sebaganya.

    Perkembangan terakhir ilmu logika adalah logika fuzzy, atau di Indonesia disebut logika kabur atau logika samar. Implementasi logika fuzzy dapat ditemui pada pengatur suhu udara (AC), mesin pencuci, kulkas, lainnya. Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan mengenai peran penting logika dalam ilmu komputer. Jika seseorang ingin mempelajari ilmu komputer, maka ia tidak bisa terlepas dari masalah logika. Oleh karena itu, logika matematika dipelajari secara formal di perguruan tinggi, khususnya dalam ilmu komputer sebagai matakuliah wajib selama 1 semester. Di indonesia sendiri ilmu komputer lebih populer dengan nama Teknik Informatika atau Teknologi Informasi


  3. Algoritma

    Algoritma adalah susunan yang logis dan sistematis untuk memecahkan suatu masalah atau untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia komputer, Algoritma sangat berperan penting dalam pembangunan suatu software. Dalam dunia sehari-hari, mungkin tanpa kita sadari Algoritma telah masuk dalam kehidupan kita. Algoritma berbeda dengan Logaritma. Logaritma merupakan operasi Matematika yang merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan. Contoh Logaritma seperti bc= a ditulis sebagai blog a = c (b disebut basis).

    Komputer hanyalah salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer. Kata algoritma dan kata program seringkali dipertukarkan dalam penggunaannya.

    Algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah sedangkan Program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman. Program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman dan kegiatan membuat program disebut pemrograman (programming). Orang yang menulis program disebut programmer. Tiap-tiap langkah di dalam program disebut pernyataan atau instruksi.

    Jadi, program tersusun atas sederetan instruksi. Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut dikerjakan oleh komputer. Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama, yakni:
    1. piranti masukan berfungsi untuk memasukkan data atau program ke dalam memori komputer
    2. piranti keluaran berfungsi untuk menampilkan hasil dari eksekusi program komputer
    3. unit pemroses utama berfungsi mengerjakan operasi-operasi dasar
    4. memori berfungsi untuk menyimpan program dan data atau informasi.

Kesimpulan

Jadi pada intinya, 3 langkah awal menuju seorang programmer tersebut adalah aritmatika ( Kuasai ilmu matematika , karena matematika adalah dasar dari semua hal yang ada dalam dunia komputer ). lalu logika ( dalam suatu program logika sangat diperlukan sekali , karena dengan logika seorang programmer mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya dengan cara rasional atau masuk akal ). dan yang terakhir adalah algoritma ( yaitu suatu tahapan proses dalam menyelesaikan suatu masalah / atau suatu program ).

Semoga dapat bermanfaat. :)

2 komentar:

  1. Mantap nih informasinya,,, kalau pengen jadi programmer memang harus punya logika yg kuat :D

    BalasHapus

Selamat datang di Basic Learning Program !!
Silahkan berkomentar bila :
* Ada yang ingin ditanyakan
* Terdapat link yang error
* Request article atau request software
* Kritik dan saran
* silaturahmi
* Sekian & Terima Kasih ^_^